Tour Jlhongm

Just about tour information

Blackberry Tour Cdma 9630

Kuartal pertama dan kedua di tahun 2010 ini Research In Motion telah meluncurkan beberapa tipe smartphone BlackBerry. Salah satunya yaitu BlackBerry Tour 9630 yang diluncurkan di Indonesia oleh Smart Telecom pada 3 Maret 2010. BlackBerry Tour 9630 merupakan penerus dari seri BlackBerry 8830 World Edition. Konektivitas data pada handset CDMA, EVDO-Rev A, RIM menyajikan data hingga kecepatan 3,1Mbit/s. Di Indonesia BlackBerry Tour 9630 menggunakan metode inject untuk jaringan CDMA-nya.

Sebagai penerus terbaru di jajaran World Edition, review dari spesifikasi BlackBerry Tour 9630 sudah pasti sangat dinanti oleh pencinta BlackBerry di Indonesia. Selain itu BlackBerry Tour 9630 merupakan handset BlackBerry CDMA pertama di Indonesia.

Fitur layar pada BlackBerry Tour 9630 mampu menghadirkan 65.536 warna pada resolusi 480×360 piksel dengan ukuran layar diagonal 2.4 inci. Pengguna bisa mengubah susunan icon dan mengelompokkannya ke dalam folder-folder. Untuk email, BlackBerry Tour dapat melakukan sinkronisasi dengan BlackBerry Enterprise server untuk menghantarkan email perusahaan ke handset. Dengan BlackBerry Internet Service, hingga 10 akun email yang mendukung POP3 atau IMAP4 bisa diintegrasikan di sini. Jika Anda suka berchatting ria, selain dilengkapi BBM, juga disertakan aplikasi instant messenger untuk Windows Live, Yahoo Messenger, Google Talk, dan AIM.

Desain BlackBerry Tour 9630 merupakan kombinasi antara Javelin dengan Bold. Ukuran Tour berada di tengah-tengah antara Javelin dengan Bold, meski Tour 0,2 milimeter lebih tebal dibanding BlackBerry Bold 9000. Tombol keyboard pada Tour juga serupa dengan BlackBerry Bold. Navigasi ke menu pada Tour juga sama seperti Bold yang menggunakan trackball. Tetapi sayangnya trackball ini terkesan ringkih karena langsung terbenam saat disentuh. Meski demikian, trackball itu sendiri cukup responsif saat digunakan.

Untuk multimedia seperti kamera, BlackBerry Tour 9630 tersedia dengan kamera 3,2 megapiksel seperti yang terpasang pada BlackBerry 9700. Sedangkan media player pada Tour, file audio dengan format MP3, WMA, serta AAC+ dapat diputar pada handset ini. Adapun video dengan format DivX, WMV, XviD, dan 3GP bisa diputar.

Dari sisi konektivitas data BlackBerry Tour 9630 sangat cepat, tetapi sangat disayangkan BlackBerry Tour tidak mendukung Wi-Fi yang berarti akan menguras pulsa atau memanfaatkan layanan BlackBerry yang sudah dibayarkan.

Secara keseluruhan handset CDMA besutan RIM ini cukup memuaskan dan Anda tidak akan menyesal untuk memilikinya.